ICICI-BME: Wadah Berbagi Perkembangan Teknologi

Perkembangan teknologi dan penelitian yang semakin maju mendorong ITB untuk kembali menyelenggarakan International Conference on Instrumentation, Communication, Information Technology and Biomedical Engineering (ICICI-BME) 2013 untuk ketiga kalinya. Konferensi dua tahunan yang diselenggarakan oleh Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH), Sekolah Farmasi (SF), Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD), dan Fakultas Teknologi Industri (FTI) ITB ini berlangsung pada Kamis-Jumat (7-8/11/13) di Aula Barat  dan Gedung Achmad Bakrie (Labtek VIII) ITB.

ICICI-BME kali ini mengundang beberapa keynote speaker dari dalam maupun luar negeri, antara lain Prof. Dr. Ir. Soegijardjo Seogijoko dan Dr. Taufiq Hidayat dari ITB, Prof. Yusaku Fujii dan Prof. Kazuhito Shimada dari Gunma University Jepang, Prof. Eric Y. Chuang dari National Taiwan University, dan Heather Grain dari La Trobe University, Australia. Konferensi ini mengangkat tema Science and Technology for Implementation of Health, Safety, and Environment.

Resize of ICICI-BME-Prof Tati
Peserta dalam acara ini tidak hanya berasal dari kalangan akademisi saja, namun terbuka untuk masyarakat umum dan juga instansi perusahaan yang memiliki ketertarikan dalam bidang kesehatan, keamanan, dan lingkungan.  Sebanyak 136 paper diajukan oleh peserta dari berbagai negara seperti Indonesia, Malaysia, Iran, Pakistan, Bangladesh, Jepang, Cina, dan Korea yang selanjutnya diseleksi mejadi 124 paper oleh tim reviewer, yang merupakan dosen-dosen ITB, untuk dipresentasikan dalam konferesi ini.

 

Resize of ICICI-BME-Peserta
Terdapat dua fokus acara dalam konferensi ini, yaitu keynote address dan parallel session. Keynote address merupakan sesi saat para keynote speaker mengulas penelitian yang telah mereka lakukan. Partisipan mempresentasikan hasil penelelitiannya pada parallel session yang dilaksanakan secara terpisah di Aula Barat dan gedung Achmad Bakrie. Peserta lainnya diberi kebebasan untuk memilih parallel session mana yang akan diikuti.

Resize of ICICI-BME-Panitia
“ICICI-BME bertujuan untuk mewadahi peneliti dari berbagai negara sebagai sarana berbagi informasi dan ilmu mengenai kemajuan teknologi dan penelitian dari negara masing-masing melalui paper yang mereka ajukan,” jelas Nedya Utami, Ketua ICICI-BME 2013.

sumber: itb.ac.id

Berita Terkait