Colosseum 2.0: Berikan Inspirasi Melalui Mobile’s Technology

Himpunan Mahasiswa Infomatika ITB (HMIF ITB) kembali menyelenggarakan festival Information and Technology (IT). Festival tersebut bernama Colosseum 2.0 yang diselenggarakan pada Sabtu,(26/10/13) bertempat di Auditorium Campus Center Timur dan Lapangan Campus Center Barat ITB.

Tema yang dibawa oleh Colosseum 2.0 kali ini adalah “Mobile’s Technology Nowadays”. Berangkat dari perkembangan teknologi yang semakin hari semakin canggih dan hal tersebut menyebabkan ketergantungan masyarakat terhadap teknologi. Untuk menyikapinya, Colosseum 2.0 berusaha menginspirasi masyarakat melalui karya-karya dalam bidang teknologi yang dikemas dalam berbagai rangkaian acara yaitu Exhibition, Seminar, dan Talkshow.

Pamerkan Karya-Karya Berprestasi

Pameran atau Exhibition Colosseum 2.0 memamerkan berbagai hasil karya mahasiswa Informatika ITB yang telah memiliki berbagai prestasi. Karya-karya tersebut diantaranya, Niew’s tale, Time Skate, Traveller’s Diary, Tebak Nusantara, Zoo Catch Back, Buspot, Broomlight, dan lain-lain.

Terdapat juga stand-stand dari start up-start up dan komunitas IT. Perusahaan-perusahaan seperti Doku, Teluu, Square Enix Smileworks, dan Google Student Ambassador menghiasi pameran tersebut.

Exhibition kali ini memiliki perbedaan, dimana terdapat sebuah permainan bernama Game Quest. Game Quest merupakan permainan khusus bagi para pengunjung. Pengunjung akan diberikan Quest Card dari stand Game Quest lalu diberi beberapa misi. Setiap menyelesaikan misi,pengunjung akan mendapatkan poin. Setelah misi selesai pengunjung dapat menukarkan poin dengan hadiah menarik dan berkesempatan mendapatkan Nintendo 3DS XL.

“Dengan Game Quest kami ingin memberikan sebuah exhibition yang beda. Disini pengunjung akan lebih berinteraksi dengan rangkaian acara Colosseum 2.0”, ujar Alif Raditya Rachman (Teknik Informatika 2011), ketua Acara Colosseum 2.0.

Perkembangan Industri Game

Selain Exhibition, Colosseum 2.0 juga mengadakan seminar dan talkshow. “Perkembangan Dunia Game di Masa Kini dan Persaingannya di Dunia Internasional” merupakan topik pada seminar IT Colosseum 2.0. Seminar terebut menghadirkan Hiroaki Kanamaru, CEO Square Enix Smileworks. Game merupakan sebuah produk dari teknologi yang perkembangannya sangat cepat.Game saat ini telah mengalami improvement dari masa lalu. Genre game yang semakin beragam,grafik yang semakin memanjakan mata,alur cerita yang menyentuh, dan pasar yang semakin luas,telah menyebabkan industri game berlomba-lomba menduduki pasar.

Talkshow Colosseum 2.0 juga memiliki tema tak kalah menarik. Tema yang diusung talkshow tersebut adalah “Start up Story: From Where It All Began”. Dalam talkshow tersebut menghadirkan pembicara dari CEO Suitmedia dan Agate Studio. Suitmedia dan Agate Studio merupakan perusahaan start up yang yang berkiprah pada industri game. Kedua start up tersebut berbagi kisah pembuatan start up yang awalnya tidak mudah sampai membuahkan hasil. Para peserta seminar dan talkshow terlihat begitu antusias memperhatikan acara tersebut.

“Colosseum 2.0 hadir dengan tujuan menginspirasi. Dengan adanya berbagai acara tersebut, kami yakin setidaknya ada satu atau dua orang yang memulai mimpinya dari sini”, tutup Alif.

sumber: itb.ac.id

Berita Terkait