Stadium General: Topik Tesis Magister Teknik Media Digital and Game

Pada hari Jum’at tanggal 27 Januari 2012 telah dilaksanakan Stadium General mengenai “Topik Tesis Magister Teknik Media Digital and Game”.

Terdapat beberapa topik tesis yang saat ini baik untuk dilakukan diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Edutainment

2. Simulator

3. Office of The future

4. Next Generation Entertainment

5. Assistive Technology

6. Advanced Robotic

Saat ini kehidupan sudah semakin maju, lantas apa yang ingin dihasilkan oleh seorang master ITB dalam rangka menghadapi perkembangan jaman. Topik-topik diatas mewakili dari banyak topik yang sedang banyak dibicarakan baik nasional maupun internasional. Topik edutainment adalah proyek bermain sambil belajar, dimana pengguna bisa memperoleh experience yang berbeda dari edutainment-edutainment yang ada saat ini. Salah satu contohnya adalah Virtual Pet, pengguna akan merasakan bagaimana hewan peliharaan yang dipelihara secara virtual dapat dirasakan seperti memelihara hewan peliharaan sungguhan. Apakah dengan suaranya, interaksinya dengan binatang lain ataupun dengan gaya hidupnya sehari-hari.

Topik lain yang tidak kalah untuk dibicarakan adalah Next Generation Entertainment. Terdapat banyak masalah di bidang entertainment, salah satunya adalah ruang. Misalkan pemain musik ingin bermain musik dan anggota band lainnya sedang berada ditempat yang berbeda. Apakah memungkinkan masing-masing anggota band bermain musik ditempat yang berbeda?Apakah bisa bermain musik dengan gesture yang berbeda atau cara yang berbeda tanpa alat musik? Ini merupakan tantangan bagi calon master Teknik Media Digital and Game tahun ini.

“Cocok adalah sesuatu yang diusahakan, bukan terjadi begitu saja”, begitu quote dari Dr.techn Ary Setijadi Prihatmanto selaku pembicara untuk menutup pembahasan mengenai topik-topik tesis yang diselenggarakan di ruang multimedia STEI lantai 2 tersebut.

Berita Terkait