Blackberry Developer Day : Pembelajaran Menjadi Developer Muda

BANDUNG, itb.ac.id – Research in Motion (RIM) bekerjasama dengan Kelompok Keahlian (KK) Teknologi Informasi Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) ITB menyelenggarakan Blackberry Developer Day 2011. Bertujuan untuk memberikan pembelajaran langsung dari ahlinya, acara yang diselenggarakan pada Selasa (24/05/11) di Aula Barat ITB dihadiri oleh berbagai kalangan baik dari dunia pendidikan maupun dari developer-developer muda dari seluruh daerah.

“ITB mendukung acara ini melalui Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan (LPIK) karena di era konvergensi ini diharuskan bersatunya layanan komunikasi di Indonesia.” tutur Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Wawan Abdul Kadir mewakili Rektor ITB Prof. Akhmaloka dalam sambutan.

Blackberry Tumbuh Cepat di Indonesia
Head of Alliance in South East Asian Johan Kremer menceritakan bagaimana Blackberry tumbuh cepat di Indonesia mulai dari tahun 2007. Hal ini dikarenakan beberapa faktor yakni mulai ada demam jejaring sosial di indonesia, paket dari provider sendiri hingga penetrasi penggunaan blackberry. Indonesia merupakan pasar yang sangat besar untuk mobile advertising dan menempati urutan mobile browsing pertama dengan 661 halaman setiap orang.

Dengan berkembangnya Blackberry begitu cepat di Indonesia memungkinkan banyak peluang usaha baru untuk para developer untuk membuat aplikasi-aplikasi baru di Indonesia. Acara yang ke-4 di kota ke-3 yang diselenggarakan oleh RIM ini diharapkan dapat mendorong developer muda dari kalangan akademisi untuk mengembangkan aplikasi yang berguna bagi pengguna.

Pelatihan Pembuatan Aplikasi
Para peserta saat itu juga dibimbing oleh Sarim Aziz yang merupakan pemimpin tim developer Blackberry untuk membuat aplikasi-aplikasi Blackberry dan Playbook menggunakan software-software yang ternyata mudah didapat seperti Adobe Flash Profesional dan Flash Builder. Dijelaskan pula cara membuat webwork untuk Blackberry dan Playbook yang langsung dapat disimulasikan dengan simulator kedua perangkat tersebut.

Di sisi lain para peserta dibekali tips-tips untuk membuat aplikasi yang diperlukan dan bermanfaat bagi pengguna. Tips tersebut diberikan langsung oleh Kompas sebagai salah satu media yang memanfaatkan aplikasi di Blackberry, Tujuh Langit sebagai developer Blackberry yang telah membuat berbagai aplikasi bagi perusahaan besar, dan Elasitas yang merupakan perusahaan developer yang kini merambah ke Blackberry dengan berbagai Game Machi.Dengan berbagi pengalaman, diharapkan para developer muda dapat meningkatkan kemampuannya dalam membuat aplikasi yang mumpuni

Sumber: Blackberry Developer Day : Pembelajaran Menjadi Developer Muda

Berita Terkait