Kuliah Kapita Selekta “Telecommunication Growth Mobile Broadband”

Program Studi Teknik Telekomunikasi STEI ITB, pada hari Kamis, 21 April 2011, bertempat di Ruang Rapat STEI ITB, Gedung Achmad Bakrie lantai 2 telah mengadakan kuliah Kapita Selekta Telekomunikasi dengan tema “Telecommunication Growth Mobile Broadband”.

Kuliah yang dihadiri oleh mahasiswa-mahasiswa Program Studi Teknik Elektro ini, dibawakan oleh Ronni Nurmal, Account Technology Manager, PT. Ericsson Indonesia.

Dia menjelaskan bahwa tren di dunia telekomunikasi global memasuki tahap yang semakin pesat. Tren ini diwarnai antara lain dengan internet growth, cloud computing dan network dari telekomunikasi itu sendiri.

Pada tahun 2010, fenomena trafik dari 3G telah melampaui trafik dari GSM dan pertumbuhan trafik untuk mobile data telah jauh melebihi trafik untuk voice biasa. Hal ini menjadi tanda bahwa kebutuhan mobile data dengan kecepatan akses dan bandwidth yang tinggi semakin menjadi kebutuhan bagi subscriber atau end-user.

Faktor lain pertumbuhan mobile broadband data di Indonesia adalah penetrasi fixed broadband access yang masih rendah, sehingga mobile broadband menjadi pilihan substitusi yang sangat menarik.

Dengan mobile broadband atau mobile wireless yang semakin berkembang, menjadi opportunity yang sangat besar baik bagi vendor dan oprator, bahkan untuk kalangan akademisi.

Berita Terkait