Kerjasama ITB dan Huawei Membangun Pusat Pelatihan

Kerjasama berkelanjutan antara Institut Teknologi Bandung dan PT Huawei Tech Investment (Huawei Indonesia) diwujudkan dalam pembangunan pusat pelatihan di Bandung senilai 1 Juta USD.

Pusat pelatihan ini diresmikan oleh Ir. H. Tifatul Sembiring, Menteri Komunikasi dan Informatika; Zhang Qiyue, Duta Besar China untuk Indonesia; Ahmad Heryawan, Gubernur Jawa Barat; Prof. Akhmaloka, Rektor ITB; Prof. Suwarno, Dekan STEI ITB; Ma Yue, Vice President of Southern Pasific Huawei Technologies Co. Lt., dan Li Wenzhi, CEO Huawei Indonesia.

Kerjasama antara ITB dan Huwaei telah dimulai sejak tahun 2009 melalui pengadaan beasiswa, kesempatan kerja magang, dan pemberian sponsor untuk mahasiswa-mahasiswa ITB. Melalui program kerjasama yang baru-baru ini dilaksanakan, Student Visit, 40 mahasiswa ITB Program Studi Teknik Telekomunikasi mengunjungi laboratorium milik Huawei di Jakarta untuk melihat langsung pengerjaan dari produk dan aplikasi teknologi terbaru milik Huawei.

Pembangunan pusat pelatihan STEI ITB – Huawei ini didasari oleh komitment Huawei untuk mendukung initiatif pemerintah Indonesia dalam meningkatkan penetrasi penggunaan data di masyarakat. Hingga Juni 2010, jumlah pengguna layanan data di Indonesia berkisar 45 juta orang.

Pemerintah mempunya blue print yang dikenal sebagai jaringan broadband nasional untuk mendorong pengingkatan penggunaan data, yang sebagian besar berdasarkan teknologi IP, yang tentunya sejalan dengan tren yang terjadi di industry telekomunikasi di mana ALL IP Based merupakan kunci utama dari jaringan infrastruktur.

Dalam menjawab tantangan tersebut, Indonesia harus mempunyai sumberdaya manusia yang handal untuk menguasai teknologi. Namun masih ada kesenjangan antara dunia pendidikan dan kebutuhan industry. Oleh karena itu, Huawei sebagai pemimpin teknologi telekomunikasi mengambil inisiatif untuk bekerjasama dengan ITB dalam mempersiapkan sumberdaya manusia dengan ketrampilan yang dibutuhkan dalam mengembangkan teknologi IP. Pusay pelatihan ini dilengkapi dengan teknologi data komunikasi dari Huawei, seperti routers, switches, dan firewalls.

Pembangunan pusat pelatihan STEI ITB – Huawei ini adalah bagian dari program corporate social responsibility (CSR) Huawei yang difokuskan untuk mendukung sektor pendidikan.

Berita Terkait