Nur Ahmadi
STEI-ITB
Pendahuluan
Kuliah EL2003 Struktur Diskrit memberikan pemahaman tentang matematika diskrit dan aplikasinya dalam bidang Teknik Elektro. Kuliah ini secara kasar terbagi menjadi: (1) konsep fundamental matematika diskrit: definisi, pembuktian, himpunan, fungsi, relasi. (2) struktur diskrit: aritmatika modular, graph, state machines, counting. Dalam rancangan pembelajaran Student Centered Learning (SCL), mahasiswa akan belajar melalui beberapa metode kuliah selain ceramah, yakni mahasiswa akan melakukan hands-on terkait pemilihan algoritma tertentu di dalam struktur diskrit (misalnya sorting, counting, travelling salesman problem, Huffman tree, dll). Mahasiswa juga akan mempelajari metode pengukuran kompleksitas sebuah algoritma. Diharapkan mahasiswa mendapatkan pemahaman yang menyeluruh dari level teori sampai implementasi dalam kode dan simulasi.
Keyword: struktur diskrit, student centered learning, hands-on.
Metode
Luaran yang diharapkan dari pembelajaran dari mata kuliah ini adalah sebagai berikut:
- Peserta dapat mengaitkan tema-tema yang terlibat dengan struktur diskrit.
- Peserta dapat mengidentifikasi kontributor pada bidang subjek.
- Peserta dapat mengartikulasikan perbedaan antara model diskrit dan kontinu.
- Peserta dapat menjelaskan bagaimana teknik elektro dan komputer dapat memanfaatkan struktur diskrit
Untuk rancangan SCL pada mata kuliah EL2003, mahasiswa akan melakukan beberapa hal yaitu:
- Pertemuan sinskron tatap muka
- Latihan mengerjakan langsung beberapa soal terkait teori struktur diskrit berdasarkan materi yang diberikan
- Tugas kuliah berupa proyek kelompok untuk mengimplementasikan algoritma di dalam struktur diskrit menggunakan bahasa pemograman dan visualisasi/animasi
Sumber buku yang digunakan untuk pengembangan materi dan proyek adalah:
- Kenneth H. Rosen. Discrete Mathematics and Its Applications, McGraw Hill.
- Richard Johnsonbaugh. Discrete Mathematics. Pearson.
Tugas Berbasis Proyek
Peserta kelas EL2003 Struktur Diskrit adalah mahasiswa semester 3 prodi Teknik Elektro dengan jumlah peserta 59 orang. Tugas berbasis proyek ini diberikan pada bab algoritma dan kompleksitas. Satu kelompok terdiri dari 6-7 orang dengan topik yang berbeda-beda. Pilihan topiknya diberikan pada table berikut ini.
Laporan tugas ini terdiri dari: 1. Overview or introduction to the algorithm, 2. Detailed explanation of mathematical formulation, 3. Implementation and testing.
Tugas ini akan dipresentasikan oleh kelompok dengan pembagian yang berbeda antara yang presentasi, menjawab pertanyaan, dan bertanya kepada kelompok lain. Berikut ini adalah contoh dokumentasi saat perwakilan kelompok sedang mempresentasikan proyeknya.
Hasil
Laporan proyek dikumpulkan dalam bentuk laporan dokumen (.docx) dan slide presentasi (.pptx). Setiap kelompok dapat mempresentasikan dengan baik topiknya mulai dari overview, cara kerja, implementasi dalam bentuk kode pemrograman, dan pengetesan. Beberapa cuplikan slide dari presentasi kelompok bisa dilihat dari gambar berikut ini.
Kesimpulan
Dengan menggunakan pendekatan student centered learning (SCL) melalui proyek kelompok yang berisi lengkap dari overview teori, sampai implementasi kode dan pengetesan, mahasiswa jadi lebih memahami materi dengan baik. Selain itu, dengan tugas bersama, mahasiswa dapat berlatih bekerja sama dalam pembagian kerja. Presentasi yang dilakukan melatih mahasiswa untuk dapat berkomunikasi menyampaikan materi secara lisan dengan baik.