Master Program in Informatics

[su_tabs][su_tab title=”Deskripsi Umum”]

Deksripsi Umum

Program Studi Magister Informatika ITB bertujuan untuk:

  1. menyiapkan calon lulusan pasca sarjana informatika agar mampu memecahkan masalah terkait keinformatikaan dengan menekankan aspek berpikir kritis dan inovatif;
  2. menyiapkan calon lulusan pasca sarjana informatika untuk selalu siap mengambil kesempatan mengembangkan profesionalismenya melalui pembelajaran sepanjang hayat dan mampu bersaing secara global di bidang informatika;
  3. menyiapkan calon lulusan pasca sarjana informatika yang memiliki kemampuan penelitian di bidang informatika.

Opsi dan Kompetensi Lulusannya

Opsi atau jalur pilihan merupakan bagian dari Program Studi Magister Informatika ITB. Masing-masing opsi menetapkan kompetensi sesuai dengan fokus kemahiran spesifiknya. Namun demikian seluruh opsi memiliki kesamaan pada kompetensi lulusan bagi pengembangan ilmu informatika.

Terdapat 9 opsi program Magister Informatika ITB yaitu:

  1. Sains Komputer
  2. Rekayasa Perangkat Lunak
  3. Sistem Informasi
  4. Teknologi Informasi
  5. Teknologi Media & Piranti Bergerak
  6. Komputasi Kinerja Tinggi
  7. Intelijen Bisnis
  8. Sistem Intelijen
  9. Keamanan Sistem Perangkat Lunak
[su_accordion] [su_spoiler title=”Opsi Sains Komputer” style=”fancy”]

Opsi Sains Komputer

Opsi Sains Komputer bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang:

  1. Mampu mengaplikasikan dan mengevaluasi pengetahuan dasar teoretis dalam bidang computer science, dan mengaplikasikan current techniques, skills, dan tools yang terkait.
  2. Mampu menganalisis persoalan, menaksir (assess) dan mengartikulasikan requirements (kebutuhan), merancang, implementasi dan evaluasi sistem berbasis komputer secara fundamental.
  3. Mampu melakukan self-directed learning dan pengembangan keprofesian secara berkelanjutan, terutama dalam ranah penelitian dasar dalam bidang sains komputer.
  4. Mampu berkomunikasi secara efektif baik lisan dan written, serta berpartisipasi secara efektif dalam suatu tim.
  5. Kemampuan berinovasi dan berwirausaha di bidang penelitian dasar dan pemanfaatan sains komputer.

[/su_spoiler] [su_spoiler title=”Opsi Rekayasa Perangkat Lunak” style=”fancy”]

Opsi Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)

Opsi RPL bertujuan untuk membentuk lulusan yang mampu secara sistematis untuk melaksanakan pengembangan dan pemeliharaan produk-produk perangkat lunak skala besar dengan memanfaatkan metodologi yang tepat dan aligned dengan kebutuhan organisasi dengan bekal kemampuan teknis yang cukup dalam pengembangan sistem perangkat lunak dan untuk bekerja dalam tim.

[/su_spoiler] [su_spoiler title=”Opsi Sistem Informasi” style=”fancy”]

[/su_spoiler] [su_spoiler title=”Opsi Teknologi Informasi” style=”fancy”]

Opsi Teknologi Informasi

Jalur Pilihan Teknologi Informasi (TI) bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang mampu berinovasi dalam memberikan solusi terhadap tantangan di dalam bisnis, organisasi, dan komunitas dengan menggunakan teknologi informasi yang aman dan cerdas, melalui tahapan-tahapan analisis, perancangan, implementasi, operasional, pengukuran kinerja, dan penyempurnaannya, yang dilakukan secara sistematis dan berkelanjutan.


[/su_spoiler] [su_spoiler title=”Opsi Teknologi Media & Piranti Bergerak” style=”fancy”]

Opsi Teknologi Media & Piranti Bergerak (TMPB)

Opsi TMPB bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki pemahaman konsep yang baik dan keahlian/skill yang kuat dalam pembangunan aplikasi multimedia dan aplikasi berbasis piranti bergerak terkait dengan interaksi, visualisasi, game, dan pemrosesan serta manajemen data multimedia, secara sistematis berdasarkan kaidah rekayasa perangkat lunak yang tepat dalam sebuah team work.

[/su_spoiler] [su_spoiler title=”Opsi Komputasi Kinerja Tinggi” style=”fancy”]

Opsi Komputasi Kinerja Tinggi

Opsi Komputasi Kinerja Tinggi bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang:

  1. Kemampuan untuk mengaplikasikan dan mengevaluasi pengetahuan dasar teoretis dalam bidang komputasi berkinerja tinggi, dan mengaplikasikan current techniques, skills, dan tools yang terkait.
  2. Kemampuan untuk analisis persoalan, menaksir (assess) dan mengartikulasikan requirements (kebutuhan), merancang, implementasi dan evaluasi sistem yang membutuhkan komputasi berkinerja tinggi.
  3. Mampu melakukan self-directed learning dan pengembangan keprofesian secara berkelanjutan, terutama dalam ranah penelitian dasar dalam bidang komputasi berkinerja tinggi.
  4. Kemampuan untuk komunikasi secara efektif baik lisan dan written, serta berpartisipasi secara efektif dalam suatu tim.
  5. Kemampuan berinovasi dan berwirausaha di bidang penelitian dasar dan pemanfaatan sistem komputer berkinerja tinggi.

[/su_spoiler] [su_spoiler title=”Opsi Intelijen Bisnis” style=”fancy”]

Opsi Intelijen Bisnis

Opsi Intelijen Bisnis bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki pemahaman konsep yang baik intelijen bisnis dan pentingnya ketersedian informasi bagi sebuah bisnis. Mahasiswa memiliki keterampilan yang memadai dalam membangun sebuah data warehouse; melakukan integrasi data, data quality, dan data mining; visualisasi data & informasi; dan mengoperasikan dan memelihara sebuah sistem intelijen bisnis.

[/su_spoiler] [su_spoiler title=”Opsi Sistem Intelijen” style=”fancy”]

Opsi Sistem Intelijen

Opsi Sistem Intelijen bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang:

  1. Kemampuan untuk mengaplikasikan dan mengevaluasi pengetahuan dasar teoritis dalam bidang intelligent system, dan mengaplikasikan current techniques, skills, dan tools yang terkait.
  2. Kemampuan untuk analisis persoalan, menaksir (assess) dan mengartikulasikan requirements (kebutuhan), merancang, implementasi dan evaluasi sistem intelijen berbasis komputer secara fundamental.
  3. Mampu melakukan self-directed learning dan pengembangan keprofesian secara berkelanjutan, terutama dalam ranah penelitian dalam bidang sistem intelijen.
  4. Kemampuan untuk komunikasi secara efektif baik lisan dan written, serta berpartisipasi secara efektif dalam suatu tim.
  5. Kemampuan berinovasi dan berwirausaha di bidang-bidang yang memanfaatkan sistem intelijen.

[/su_spoiler] [su_spoiler title=”Opsi Keamanan Sistem Perangkat Lunak” style=”fancy”]

Opsi Keamanan Sistem Perangkat Lunak (KSPL)

Opsi KSPL bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki pemahaman konsep yang baik dan keahlian/skill yang kuat dalam pembangunan dan pengelolaan aspek keamanan dari sebuah sistem perangkat lunak.

[/su_spoiler] [su_spoiler title=”Mata Kuliah Pilihan Program Studi” style=”fancy”]

[/su_spoiler] [/su_accordion] [/su_tab] [su_tab title=”Pendaftaran dan Seleksi Mahasiswa Baru”]

Pendaftaran dan Seleksi Mahasiswa Baru

Informasi Umum

Pendaftaran calon mahasiswa baru program Magister ITB untuk periode perkuliahan Agustus 2020 akan dilaksanakan dalam 3 gelombang melalui http://usm.itb.ac.id/ . Daftar kegiatan untuk setiap gelombang dapat dilihat pada tabel berikut ini.

Kegiatan Gelombang 1 Gelombang 2 Gelombang 3
Pendaftaran secara online di www.usm.itb.ac.id/oreg/login 5 Februari s.d. 5 April 2020 13 April s.d. 2 Juni 2020 5 Juni s.d. 5 Juli 2020
Pendaftaran Tes Potensi Akademik (TPA) 5 Februari s.d. 4 Maret 2020 16 Maret s.d. 22 April 2020 4 Mei s.d. 23 Juni 2020
Tes Potensi Akademik (TPA) 14 Maret 2020 2 Mei 2020 4 Juli 2020
Ujian Seleksi di Program Studi 7 s.d. 20 April 2020 5 s.d. 19 Juni 2020 7 s.d. 21 Juli 2020
Pengumuman Hasil Seleksi 28 April 2020 30 Juni 2020 27 Juli 2020
Perlengkapan dokumen bagi yang dinyatakan “Ditunda Bersyarat” Paling lambat 23 Juli 2020 Paling lambat 23 Juli 2020 Paling lambat 23 Juli 2020
Pendaftaran Ulang (tentatif) 4 s.d. 7 Agustus 2020 4 s.d. 7 Agustus 2020 4 s.d. 7 Agustus 2020
Sidang Terbuka Penerimaan Mahasiswa Baru Pascasarjana ITB (tentatif) 14 Agustus 2020 14 Agustus 2020 14 Agustus 2020
Perwalian Akan disampaikan kemudian Akan disampaikan kemudian Akan disampaikan kemudian
Awal Perkuliahan Akan disampaikan kemudian Akan disampaikan kemudian Akan disampaikan kemudian
Persyaratan Umum: lihat informasi di web ITB
  1. Memenuhi persyaratan Nilai Kemampuan Bahasa Inggris dengan rincian standar nilai yang diakui ITB sebagai berikut :
    • TOEFL iBT (Internet Based Test) minimum sebesar 56, atau
    • TOEFL CBT (Computer Based Test) minimum sebesar 151, atau
    • TOEFL ITP minimum sebesar 475, atau
    • TOEIC minimum sebesar 500, atau
    • IELTS minimum sebesar 5, atau
    • ELPT ITB minimum sebesar 77

    Sertifikat Nilai Bahasa Inggris (Score Report) asli yang masih berlaku s.d. tanggal 14 Agustus 2020 (masa berlaku sertifikat nilai bahasa Inggris maksimum 2 tahun setelah diterbitkan), sesuai dengan ketentuan di atas. Dokumen Sertifikat Nilai Bahasa Inggris yang diakui ITB berupa nilai TOEFL ITP/TOEFL Internasional, TOEIC, atau IELTS, atau ELPT ITB. Dokumen selain Sertifikat Nilai Bahasa Inggris tersebut di atas tidak dapat digunakan. Dokumen asli ini akan diambil ITB dan tidak dapat dikembalikan.

  2. Memenuhi persyaratan TPA BAPPENAS minimum sebesar 475. Sertifikat Nilai TPA BAPPENAS asli yang masih berlaku s.d. tanggal 14 Agustus 2020 (masa berlaku sertifikat TPA BAPPENAS maksimum 2 tahun setelah diterbitkan), sesuai dengan ketentuan di atas. Bagi pelamar program Magister di Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) yang bukan calon penerima beasiswa, persyaratan Sertifikat Nilai TPA BAPPENAS asli digantikan dengan Portofolio. Dokumen asli ini akan diambil ITB dan tidak dapat dikembalikan.
  3. Pelunasan biaya pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB sebesar Rp. 600.000,- (enam ratus ribu rupiah). Biaya pelaksanaan seleksi tersebut tidak termasuk biaya tes ELPT/TOEFL/IELTS dan biaya TPA BAPPENAS. Tata cara pembayaran dapat diperoleh di https://usm.itb.ac.id/itb_versi1/tata-cara-pembayaran-virtual-account-itb.
  4. Ijazah program Sarjana asli. Bila ijazah belum diperoleh, dapat menggunakan Surat Keterangan Lulus (SKL) dari perguruan tinggi asal calon mahasiswa, yang ditandatangani oleh Rektor atau Dekan, serta mencantumkan keterangan bahwa calon mahasiswa yang bersangkutan telah menyelesaikan pendidikan tingkat Sarjana dan lulus minimum 144 SKS. Calon mahasiswa yang melamar dengan menggunakan SKL diharuskan untuk menyerahkan Ijazah asli pada saat Pendaftaran Mahasiswa Baru ITB.
  5. Transkrip program Sarjana asli, mulai dari semester 1 s.d. semester terakhir.
  6. Bukti Kepemilikan Asuransi Kesehatan(bukan Asuransi Kecelakaan) yang dapat memfasilitasi rawat inap karena sakit. ITB mewajibkan seluruh mahasiswa ITB memiliki Asuransi Kesehatan, yang dapat memfasilitasi rawat inap karena sakit, selama melaksanakan pendidikannya di ITB. Calon mahasiswa harus dapat menunjukkan bukti kepemilikan asuransi kesehatan yang berlaku minimum selama 2 semester (dapat diperpanjang). Khusus calon mahasiswa yang menggunakan BPJS/KIS sebagai dokumen persyaratan asuransi, ITB hanya menerima dokumen BPJS/KIS yang dibiayai oleh instansi/lembaga/perusahaan tempat calon mahasiswa bekerja. BPJS/KIS yang ditanggung pribadi tidak dapat dipergunakan.
  7. Surat Rekomendasi dari 2 (dua) orang (dosen atau atasan) kepada program studi yang dituju di ITB. Surat Rekomendasi tersebut diunggah ke laman pendaftaran mahasiswa pascasarjana ITB oleh pemberi rekomendasi, melalui tautan khusus yang akan dikirimkan ke alamat e-mail pemberi rekomendasi. Mohon dicatat bahwa pemberi rekomendasi harus merupakan seseorang yang mengenal calon mahasiswa dan memiliki kapasitas untuk memberikan rekomendasi untuk mengikuti program pascasarjana ITB.
  8. Pernyataan Tujuan (Statement of Purpose) pelamaran program Magister ITB. Formulir Pernyataan Tujuan (Statement of Purpose) tersebut dapat diperoleh di laman pendaftaran online di alamat https://usm.itb.ac.id, setelah calon mahasiswa melakukan login.
Persyaratan Khusus

Calon mahasiswa program Magister Informatika ITB merupakan lulusan program Sarjana (S1) atau D4, dalam bidang Sains dan Teknik dari Perguruan Tinggi dalam dan luar negeri yang terakreditasi atau yang disamakan.

Materi Tes Seleksi

Peserta dapat mengikuti seleksi tes tertulis Program Studi setelah persyaratan pendaftaran dinyatakan lengkap oleh ITB. Materi seleksi tes tertulis sebagai berikut(waktu:@ 50 menit tiap topik):

  1. Algoritma dan Struktur Data
  2. Arsitektur Komputer dan Sistem Operasi
  3. Matematika Diskrit, Probabilitas dan Statistika
  4. Basis Data dan Data Model

Jadwal tes tertulis Program Studi Magister Informatika untuk masa pendaftaran semester ganjil tahun 2020/2021dapat dilihat di: https://usm.itb.ac.id/itb_versi1/jadwal-tes-stei

[/su_tab] [/su_tabs]