1,148 total views,  1 views today

Magister Teknik Elektro

Magister Teknik Elektro

Sekolah Teknik Elektro & Informatika
Tentang Magister Teknik Elektro ITB
Penjelasan lebih lanjut disini

 

Magister Teknik Elektro

Program Magister Teknik Elektro menawarkan beberapa bidang spesialis kepada mahasiswa pascasajarna, yaitu:

  1. Sistem dan Kontrol Intelijen
  2. Teknik Biomedis
  3. Teknik Tenaga Listrik
  4. Teknik Elektronika
  5. Teknik Komputer
  6. Teknik Telekomunikasi

Sistem dan Kontrol Intelijen

Bidang ini memberi kesempatan mahasiswa untuk mempelajari keterampilan baru, mengembangkan kemampuan pemecahan masalah, dan memberikan kontribusi untuk pengetahuan mengenai sistem dan kontrol intelijen. Program ini menitikberatkan pada teori dan aplikasi industri. Mahasiswa pun didorong untuk melibatkan diri dalam topik penelitian yang sedang berlangsung di sekolah sebagai bagian dari tesis master mereka.

Topik penelitian tesis meliputi: pemodelan dan simulais, kontrol robust, kontrol adaptif, sistem dan kontrol intelijen, sistem non-linear, sistem hybrid, sistem kejadian diskrit, aktuator jenuh, kontrol prediktif model, kontrol multi-variabel, pengoptimalan waktu nyata, kontrol dan otomasi industri, sistem penggerak mekatronika dan listrik, kontrol kebisingan aktif, sistem tertanam, kontrol dalam robotika, dan sistem otonom.

Teknik Biomedis

Teknik Biomedis adalah bidang multidisiplin yang menerapkan metode sains, teknik, dan teknologi untuk memecahkan masalah biologi dan kedokteran, dimana bidang ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat. Bidang ini melibatkan pemrosesan informasi medis (data alfanumerik, sinyal fisiologis, gambar medis statis dan dinamis, bunyi, dan suara) untuk mendukung prosedur medis (pengumpulan informasi atau data, diagnosis, dan terapi). Lulusan diharapkan memiliki kesempatan untuk berkarir di lembaga penelitian dan pendidikan, rumah sakit dan fasilitas medis, industri kesehatan, serta bidang menarik dan menantang lainnya.

Beberapa pilihan kursus meliputi: anatomi dan fisiologi, informatika medis, fisika sistem kehidupan, transduser dan sensor di Teknik Biomedis, perangkat dan sirkuit mikroelektronik, desain sistem teknik biomedis, fisika biomedis, instrumentasi biomedis, sistem kontrol biologis, biomekanik, pengolahan citra biomedis, industri teknik biomedis, elektromagnetik dan ultrasonik di teknik biomedis, dan etika teknik biomedis.

Teknik Tenaga Listrik

Bidang ini menawarkan tiga pilihan spesialisasi, yaitu sistem tenaga, konversi tenaga, dan teknik tegangan/arus tinggi. Spesialisasi sistem tenaga menerapkan semua ilmu dan teknik untuk sistem distribusi tenaga listrik. Spesialisasi konversi energi berfokus pada sains dan teknik mengenai konversi energi non-listrik ke listrik dan sebaliknya, pembangkit listrik konvensional dan non-konvensional, dan elektronika daya. Spesialisasi teknik tegangan/arus tinggi menitikberatkan pada sains dan teknik mengenai teknologi perangkat listrik dalam sistem tenaga listrik.

Teknik Elektronika

Bidang ini bertujuan untuk memberikan keterampilan dan pengetahuan komprehensif mengenai pemrosesan dan perangkat mikroelektronika, desain sirkuit mikroelektronika, dan desain sistem mikroelektronika. Melalui kolaborasi dengan industri mikroelektronika nasional dan internasional, kurikulum Teknik Elektronika terus disempurnakan dan disesuaikan dengan kebutuhan industri. Program ini difasilitasi dengan ruang bersih untuk perangkat pemroses mikroelektronika (CVD, implantasi ion, sputtering) serta rangkain desain untuk desain sirkuit terintegrasi.

Teknik Komputer

Bidang ini bertujuan untuk menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keterampilan dan pengetahuan mengenai teknik komputer, serta kemampuan menganalisis, mensintesis, dan mengevaluasi kegiatan penelitian. Lulusan diharapkan mendapat layanan profesioanl melalui penelitian dan pengembangan (baik secara mandiri atau tim) dan dapat melanjutkan studi ke gelar doktor. Teknik Komputer adalah disiplin ilmu yang mewujudkan ilmu dan teknologi desain, konstruksi, implementasi, dan pemeliharaan komponen perangkat lunak dan keras dari sistem komputasi modern dan peralatan yang dikendalikan [IEEECS/ACM, 2004].

Teknik Telekomunikasi

Bidang ini bertujuan untuk memberi landasan yang kuat atas konsep, teori, dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini di bidang telekomunikasi bagi mereka yang ingin berkarir di bidang industri, regulasi operasi dan jasa telekomunikasi, dan akademisi. Tiga bidang spesialisasi yang ditawarkan meliputi teknik komunikasi nirkabel, teknik telemetri/jaringan, dan manajemen telekomunikasi.

Deskripsi Kurikulum
Struktur Kurikulum
Pendaftaran & Seleksi

Magister Teknik Elektro

Program Magister Teknik Elektro didesain untuk mahasiswa lulusan sarjana dari teknik maupun sains yang ingin mendapatkan Gelar Master Teknik (M.T.) di Bidang Teknik Elektro.

Program Magister Teknik Elektro mencakup Sub Program Studi:

  • Teknik Tenaga Elektrik
  • Teknik Kendali dan Sistem Cerdas
  • Teknik Komputer
  • Teknologi Media & Media Digital
  • Teknik Biomedika
  • Teknik Mikroelektronika
  • Teknik Telekomunikasi
  • Telematika dan Jaringan Telekomunikasi
  • Rekayasa Manajemen dan Teknik Keamanan Informasi
  • Layanan Teknologi Informasi

Tujuan

  1. Untuk memberikan kesempatan penelitian kepada mahasiswa untuk memecahkan masalah terkait Teknik Elektro di dunia nyata.
  2. Untuk memberikan mahasiswa magister keahlian pada cakupan yang lebih besar dari Teknik Elektro terkait dengan disiplin ilmu lain.
  3. Untuk memberikan mahasiswa master dasar-dasar untuk membangun karir sebagai peneliti di industri atau pusat-pusat penelitian sains di perguruan tinggi atau di pemerintahan, dan juga karir di bidang manajemen.
  • Struktur Kurikulum


    Matakuliah Wajib Magister Teknik Elektro
    H

    Matakuliah Wajib Teknik Tenaga Elektrik

    Matakuliah Wajib Teknik Kendali dan Sistem Cerdas

    Matakuliah Wajib Teknik Komputer

    Matakuliah Wajib Teknologi Media & Media Digital

    Matakuliah Wajib Teknik Biomedika

    Matakuliah Wajib Teknik Mikroelektronika

    Matakuliah Wajib Teknik Telekomunikasi

    Matakuliah Wajib Telematika dan Jaringan Telekomunikasi

    Matakuliah Wajib Rekayasa Manajemen dan Teknik Keamanan Informasi

    Matakuliah Wajib Layanan Teknologi Informasi


Pendaftaran dan Seleksi Mahasiswa Baru

  1. Persyaratan umum dapat dilihat pada alamat : http://www.usm.itb.ac.id/
  2. Persyaratan tambahan: Pada saat mendaftar Online semua Calon Mahasiswa harus sudah lulus nilai ELPT/TOEFL dan TPA yang telah ditetapkan oleh ITB.
    • Nilai ELPT ITB ≥ 77 atau TOEFL ITP ≥ 475
    • Nilai TPA Bappenas ≥ 475
  3. Tata Tertib Seleksi Tulis Program Magister Teknik Elektro

Apabila ada yang hendak ditanyakan mengenai program ini, dapat menghubungi
Sdr. Dede Bagja S
e-mail: dede@stei.itb.ac.id
telp: 022-2508135