Sarjana Teknik Tenaga Listrik

Sarjana Teknik Tenaga Listrik

Sekolah Teknik Elektro & Informatika
Tentang Teknik Tenaga Listrik ITB
Penjelasan lebih lanjut disini
Website Program Studi Teknik Informatika ITB
Penjelasan lebih lanjut disini

 

Sarjana Teknik Tenaga Listrik

Program Studi Teknik Tenaga Listrik memberikan edukasi dalam bidang pembangkitan, pengiriman, dan penggunaan energi listrik.

Perkembangan di bidang ilmu teknik ketenagalistrikan berlangsung cepat pada beberapa dekade terakhir. Hal ini antara lain dipicu oleh semakin pentingnya listrik di dalam kehidupan modern. Boleh dikata bahwasanya aktifitas kehidupan umat manusia semakin takterpisahkan dari tenaga listrik. Namun di sisi lain, energi primer menjadi semakin mahal pula, sehingga dalam pengusahaan listrik perlu dikembangkan teknologi guna mencapai konversi energi primer ke listrik yang efisien.

Dampak dari peningkatan efisiensi tersebut maka ilmu dan teknologi di bidang teknik ketenagalistrikan juga berkembang cepat. Demikian pula, perkembangan teknologi di bidang teknik elektronika daya yaitu dengan dikembangkannya teknologi komponen dan perangkat keras kendali di bidang elektronika daya juga telah memicu riset dan pengembangan konsep konservasi energi yang lebih baik dan andal.

Sementara itu, dalam hal pengusahaan energi listrik dan pengoperasian sistem tenaga listrik masa kini dan yang akan datang, teknologi informasi dan komputer semakin nyata dan mutlak diperlukan. Operasi sistem tenaga listrik modern memerlukan Real Time Computers untuk membantu tenaga pelaksana dalam mengelola sistem tenaga listrik. Sistem Supervisory Control and Data Acquisition (SCADA) merupakan piranti kerja yang tidak dapat dihindarkan pemakaiannya dalam sistem tenaga listrik yang berskala besar. Teknologi SCADA saat ini berkembang dengan sangat pesat dan mengarah kepada Gardu Induk Otomatis serta Teknologi yang bersifat Open System. Perangkat keras dan lunak sistem SCADA yang dahulu hanya diproduksi oleh Power System Equipment manufacture, sekarang banyak dijual oleh Software House dan Remote Terminal Unit manufacture yang berbasis Personal Computer. Dalam hal ini, maka seorang sarjana yang bekerja di sektor ketenagalistrikan seyogyanyalah mampu berkomunikasi dengan sarjana teknik komputer.

Deskripsi Kurikulum
Tinjauan Objektif Pendidikan
Lulusan yang Diharapkan
Prospek Karir
Data Pendaftaran & Kelulusan

Program ini memberikan mahasiswa pengetahuan dasar dan prinsipil dalam bidang teknik tenaga listrik, bersama dengan pengetahuan yang diperlukan dalam bidang matematika, sains, komputasi, dan dasar-dasar ilmu teknik.

Mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengembangkan kemampuan mereka untuk merumuskan, menganalisis, dan memecahkan masalah kompleks, serta merancang produk atau sistem berdasarkan masalah nyata, terutama dalam bidang teknik tenaga listrik.

Program ini memberikan keluasan dan kedalaman ilmu yang cukup untuk keberhasilan studi pascasarjana, master, maupun doktoral. Program ini juga memberikan kesempatan untuk pembelajaran seumur hidup; kemampuan dasar untuk berperan dalam mengembangkan bidang teknik tenaga listrik dan industri lain yang berhubungan, baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Tidak hanya itu, Program Studi Teknik Tenaga Listrik juga memberikan apresiasi untuk masalah-masalah yang timbul dalam praktik profesional, termasuk kerja tim, kepemimpinan, keamanan, etika, pelayanan, ekonomi, kesadaran lingkungan, dan organisasi profesional.

  • Keberhasilan karir profesional di bidang kerekayasaan terutama bidang teknik tenaga listrik.
  • Kemampuan untuk diterima dan berhasil menyelesaikan studi lanjut atau pengembangan diri secara professional.
  • Kemampuan kepemimpinan aktif dan menjadi pelopor di komunitasnya.

Kriteria Standar ABET

Sesuai dengan Student Outcomes Program Studi Teknik Tenaga Listrik, lulusan program Sarjana Teknik Tenaga Listrik diharapkan memiliki kemampuan sebagai berikut:

  1. Kemampuan untuk mengidentifikasi, memformulasikan, dan memecahkan masalah-masalah kerekayasaan yang kompleks dengan mengaplikasikan prinsip-prinsip kerekayasaan, sains, dan matematika.
  2. Kemampuan mengaplikasikan desain rekayasa untuk menghasilkan solusi yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan tertentu dengan pertimbangan faktor kesehatan masyarakat, keselamatan, dan kesejahteraan, serta faktor global, budaya, sosial, lingkungan, dan ekonomi.
  3. Kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif pada berbagai macam situasi.
  4. Kemampuan untuk mengenali tanggung jawab profesional dan etika dalam situasi kerekayasaan dan melakukan penilaian berdasarkan informasi yang tersedia, dimana harus mempertimbangkan dampak solusi kerekayasaan dalam konteks global, ekonomi, lingkungan, dan sosial.
  5. Kemampuan untuk bekerjasama secara efektif pada tim yang anggotanya bersama-sama menerapkan nilai kepemimpinan, menciptakan lingkungan yang kolaboratif dan inklusif, menetapkan tujuan, merencanakan tugas, dan mencapai tujuan.
  6. Kemampuan untuk mengembangkan dan melakukan eksperimen yang sesuai, menganalisis dan menafsirkan data, dan melakukan penilaian berdasarkan kerekayasaan untuk menarik kesimpulan.
  7. Kemampuan untuk memperoleh dan menerapkan pengetahuan baru sesuai kebutuhan dengan menggunakan strategi pembelajaran yang tepat.
 

Lulusan dari Program Studi Teknik Tenaga Listrik akan memiliki kesempatan untuk mengembangkan karir profesional sebagai insinyur perencanaan sistem tenaga pembangkit listrik, insinyur sistem operasi dan pemeliharaan, manajemen utilitas listrik, insinyur desain, insinyur pemasaran dalam bidang teknik tenaga listrik, pendidik dalam bidang teknik tenaga listrik, dan pelatih profesional dalam berbagai organisasi dan perusahaan.

Lembaga atau perusahaan ini meliputi: Perusahaan utilitas listrik (PT PLN (Persero) atau perusahaan sejenis lainnya di luar negeri), perusahaan pembangkit listrik, perusahaan transmisi tenaga, perusahaan distribusi tenaga listrik, otoritas pasar tenaga listrik (pemerintah), industri yang memiliki jaringan listrik seperti perusahaan minyak dan pertambangan swasta maupun pemerintah, jasa aplikasi, jasa konsultasi, kontraktor besar, lembaga penelitian dan pengembangan, institusi pendidikan tinggi dan penyedia pelatihan, serta industri dan institusi terkait lainnya.

kunjungi laman kami di http://epe.stei.itb.ac.id