STEI ITB kembali melaksanakan Proses Surveillance Audit ISO 9001:2015

Bandung, stei.itb.ac.id –  STEI ITB telah melakukan proses surveillance audit yang dilakukan selama 2 hari pada tanggal 08 dan 09 Februari 2023. Sama seperti tahun sebelumnya, pada audit survei ini setiap proses layanan administrasi yang dimiliki STEI diperiksa dan ditinjau kembali secara sampling. Di tahun ini, layanan yang diperiksa adalah layanan Administrasi Akademik, Administrasi Sarana Prasarana dan Sistem Informasi, Manajemen Puncak dan Quality Manajement Representative (QMR).

Proses surveillance audit kali ini, dilakukan oleh auditor eksternal yang diwakili oleh Bapak Jeffri Girsang dari PT Tuv Nord Indonesia. Dari hasil closing meeting yang disampaikan oleh auditor eksternal STEI ITB dinyatakan masih berhak menyandang sertifikasi ISO 9001:2015.

Surveillance Audit atau audit survei adalah lanjutan dari evaluasi penerapan ISO 9001:2015. Sedangkan untuk ISO 9001:2015 itu sendiri adalah standar internasional yang dikhususkan untuk sistem manajemen mutu. Organisasi menggunakan standar tersebut untuk memperlihatkan kemampuan dalam memberikan pelayanan dan produk yang konsisten sesuai dengan kebutuhan pelanggan serta regulasi yang berlaku.

Setelah sebelumnya diaudit oleh pihak internal organisasi, maka menjadi kewajiban dari pihak auditor eksternal untuk melakukan survei langsung (surveillance), untuk memastikan bahwa penerapan ISO 9001:2015 yang dilakukan konsisten dan sesuai dengan kebutuhan standar dari ISO 9001:2015.

Sertifikasi ISO 9001:2015 berlaku selama tiga tahun, dengan persyaratan audit survei dilakukan setiap tahun, sebelum dilakukan re-sertifikasi pada tahun ketiga. Setiap proses kunci, seperti management review, audit internal, dan penyesuaian-penyesuaian yang dilakukan selama satu tahun, ditinjau kembali.