Alifia Zahratul Ilmi dari Teknik Biomedis Meraih Juara 3 Mahasiswa Berprestasi Nasional

 880 total views,  10 views today

Usaha tidak akan mengkhianati hasil. Setelah sebelumnya terpilih sebagai Juara 1 pada ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) ITB Tahun 2022, Alifia Zahratul Ilmi, mahasiswi program studi Teknik Biomedis Institut Teknologi Bandung (ITB), berhasil menjadi juara ketiga dalam Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Nasional (Pilmapres Nasional). 

Pilmapres atau Pemilihan Mahasiswa Berprestasi merupakan kompetisi mahasiswa yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional yang ada di bawah naungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi setiap tahunnya. Tujuannya adalah untuk memberikan apresiasi kepada mahasiswa terbaik yang siap menjadi agen perubahan untuk membangun Indonesia yang lebih baik.

Sebelumnya finalis telah melewati tahapan seleksi berjenjang mulai dari seleksi dari universitas masing-masing, kemudian penilaian seleksi wilayah dan penilaian seleksi nasional awal. Sebanyak 30 finalis berkompetisi dalam pilmapres nasional ini, yang terdiri dari 15 Mahasiswa dari Program Sarjana dan 15 Mahasiswa dari Program Diploma.

Sebelum memenangkan Pilmapres ini, Alifia telah terlebih dahulu dikenal sebagai mahasiswa dengan berbagai prestasi. Beberapa di antaranya adalah sebagai mahasiswa yang berpartisipasi pada program Indonesian International Student Mobility Award (IISMA) yang ditempatkan di University of Pennsylvania (UPenn), Amerika Serikat dan mengikut IEEE Geron CAS Student Design Competition serta Tanoto Student Research Awards. Dirinya pun sempat menyelenggarakan festival budaya di UPenn untuk memperkenalkan keanekaragaman budaya nusantara.

Selain berprestasi dalam bidang akademik, Alifia pun aktif dalam berbagai macam kegiatan non-akademis. Alifia merupakan Ketua Himpunan Mahasiswa Elektro (HME) ITB yang baru saja dilantik pada tahun 2022 juga sempat melakukan kegiatan luar kampus yang berkaitan dengan pendidikan. 

Beberapa waktu lalu, Alifia pun aktif menjadi mentee pada Student Mentorship Program yang dilaksanakan oleh IEEE Engineering in Medicine and Biology Society (EMBS) dimentori oleh salah satu civitas dari The University of New South Wales (UNSW) serta mempersiapkan diri untuk berkompetisi dalam penganugerahan Mahasiswa Berprestasi tingkat nasional.

Video Malam Penutupan dapat ditonton di bawah ini: