9 Dosen Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) ITB Menjadi Penerima Dana Program Riset ITB 2022

 1,708 total views,  14 views today

 

BANDUNG, itb.ac.id – Penelitian dan inovasi merupakan aspek yang sangat penting untuk menumbuhkan kemandirian nasional sehingga solusi dapat tercipta untuk berbagai kebutuhan masyarakat. Institut Teknologi Bandung (ITB) memiliki Rencana Induk Pengembangan (RENIP) ITB hingga lima tahun ke depan yang bertujuan untuk membangun sumber daya manusia dan teknologi Indonesia.

Prioritas penelitian ITB juga telah ditetapkan dalam Peraturan Senat Akademik ITB yang diharapkan dapat memberikan dampak signifikan bagi masyarakat Indonesia maupun dunia. Dalam upaya membangun landasan pengembangan arah penelitian yang mendukung budaya ilmiah unggul, ITB melalui LPPM kembali mengagendakan Program Riset ITB Tahun Pelaksanaan 2022.

Program Riset yang diadakan oleh Institut Teknologi Bandung ini terbagi menjadi lima kategori yaitu, Riset Kolaborasi Universitas Top Dunia, Riset Peningkatan Kapasitas Dosen Muda, Riset Pengembangan Unggulan, Riset Unggulan ITB, dan Riset Dosen Magang ITB.

9 Dosen dari Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) ITB berhasil menjadi penerima dana Program Riset ITB untuk tahun 2022. Hasil ini disiarkan pertama kali pada hari Jumat (28/01/2022) melalui surat resmi dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat ITB (LPPM ITB) perihal Penetapan Penerima Dana Program Riset ITB Tahun 2022 yang dipublikasikan pada situs resmi LPPM ITB.

Judul dan topik dari berbagai riset yang dilakukan oleh para dosen STEI ITB ini juga sangat beragam. Mulai dari riset tentang Pengembangan Biosensor Deteksi Glukosa Berbasiskan Digital Microfluidics (DMF), Teknologi akses jaringan nirkabel untuk meningkatkan kapasitas dan kinerja handover pada sistem komunikasi 5G/6G, hingga riset tentang Pengembangan Model Geospasial Kesesuaian Energi Terbarukan Panel Surya di Wilayah Pertanian Asia Tenggara Untuk Mendukung Target Zero Hunger SDGs, Menggunakan Integrasi Data Satelit Penginderaan Jauh, Pemodelan Iklim dan Statistik Ekonomi Energi.

Secara rinci, 3 dosen STEI ITB mendapat dana untuk kategori Riset Peningkatan Kapasitas Dosen Muda dan 6 dosen untuk Riset Unggulan ITB.

Dosen STEI ITB untuk Riset Peningkatan Kapasitas Dosen Muda :

  1. Akhmadi Surawijaya, S.T., M.Eng.
  2. Rahmat Mulyawan, S.T., M.T., M.Sc.
  3. Pradita Octoviandiningrum Hadi, S.T., M.T., Ph.D.

Dosen STEI ITB untuk Riset Unggulan ITB :

  1. Prof. Ir. Emir Mauludi Husni, M.Sc., Ph.D.
  2. Dr. Jihad Furqani, S.T., M.T.
  3. Prof. Ir. Adit Kurniawan, M.Eng., Ph.D.
  4. Prof. Ir. Armein Z.R. Langi, M.Sc., Ph.D.
  5. Prof. Andriyan Bayu Suksmono, M.T., Ph.D.
  6. Dr. Arwindra Rizqiawan, S.T., M.T.

Semoga kegiatan riset yang dicanangkan dapat terlaksana dengan lancar dan memberikan manfaat terbesar bagi masyarakat serta kemajuan Teknologi Informatika, Telekomunikasi, serta Elektro di Indonesia dan dunia.

Reporter : Yoel Enrico Meiliano (Teknik Pangan, 2020)