Tim dari Program Studi Teknik Biomedis Meraih Juara 1 dalam Tanoto Student Research Award 2021

Tim dari Program Studi Teknik Biomedis berhasil meraih gelar Juara 1 kategori Appropriate Technology dan best poster pada perhelatan Tanoto Student Research Award 2021.

Adapun kelompok tersebut diketuai oleh Alifia Zahratul Ilmi (18319013). Sementara anggota-anggotanya adalah: Muhammad Fairuziko Nurrajab (18319025), Eraraya Morenzo Muten (18320003), dan Kayyiza Zahratulfirdaus (18320011). Bertindak sebagai dosen pembimbing adalah Allya Paramita Koesoema, S.T., M.T., Ph.D.

Penelitian yang diajukan bertopik mengenai Sleep Apnea. Sleep apnea merupakan suatu gangguan pernapasan berupa terhentinya aliran napas ketika tidur. Sleep apnea sering tidak terdiagnosis dan terlihat jelas ketika mencapai kategori berat. Sleep apnea kategori berat dapat menyebabkan penyakit jantung, depresi bahkan kematian. Diagnosis dan perawatan pasien sleep apnea berat membutuhkan biaya yang mahal dan akses yang semakin sulit karena pandemi.

Karena itu, tim tersebut mendesain alat pendeteksi sleep apnea dengan sensor mekanik secara noninvasif. Untuk menambah kenyamanan penggunaan pada pengguna, alat didesain dalam bentuk bantal tidur dengan bahan memory foam yang kokoh namun tetap nyaman untuk digunakan selama tidur.

Alat ini menggunakan sensor tekanan, sensor suara, dan sensor oximetripulsa yang mengukur aktivitas tidur pengguna pada leher. Alat pada bantal leher juga terintegrasi dengan aplikasi smartphone untuk pengaturan dan pemantauan hasil pengukuran. Alat ini sudah diuji klinis dengan alat-alat pembanding home testing kit serupa untuk pengujian sleep apnea dan mencapai akurasi yang dapat dipercaya.

TSRA yang digelar oleh Tanoto Foundation sudah berlangsung sejak tahun 2006 dengan berbagai format kompetisi. Di awal pelaksanaannya, kompetisi ini dikhususkan untuk lomba antar himpunan. Namun, seiring berjalannya waktu, kompetisi ini dibuat sedinamis mungkin, sehingga siapapun bisa mengikuti kompetisi tersebut.