Ir. Syarif Hidayat Ph.D terpilih sebagai Ikon Prestasi Pancasila 2021 Kategori Sains dan Inovasi

 85 total views,  22 views today

Ir. Syarif Hidayat, M.T, Ph.D., dosen STEI ITB dari KK Teknik Ketenagalistrikan, terpilih sebagai salah satu Ikon Prestasi Pancasila, kategori Sains dan Inovasi.

Pemilihan ini berdasarkan jasa beliau sebagai peneliti dan pengembang dari Ventilator Indonesia (Vent-i), yang turut membantu proses penanggulangan COVID-19 di Indonesia. Beliau bertindak sebagai Ketua Tim Ventilator Portable Indonesia (Vent-I), yang merupakan kolaborasi antara Yayasan Masjid Salman ITB, Insitut Teknologi Bandung, dan Universitas Padjajaran.

Vent-I merupakan ventilator asli Indonesia yang dibuat saat Indonesia saat membutuhkan alat bantu pernapasan bagi pasien Covid-19 yang terbatas. Pembuatan dan pengembangan Vent-I diakui Syarif melibatkan banyak UMKM, mulai dari produksi casing, selang, serta komponen-komponen lainnya. Bahkan, beberapa komponen utama Vent-I diproduksi di Polman, sedangkan untuk perakitannya dilakukan di Polban, PT Dirgantara Indonesia, dan juga Kudus.

Pada Januari 2021, Vent-I telah resmi diproduksi di PT Panasonic Health Care. Hal ini merupakan sejarah pertama bagi kita bahwa produk buatan anak negeri bisa diproduksi oleh perusahaan asing (Jepang).

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) secara resmi telah memberikan penghargaan 76 Ikon Prestasi Pancasila yang dilaksanakan Kedeputian Advokasi Hukum dan Regulasi pada Rabu (10/11). Pelaksanaan tersebut dilakukan bertepatan dengan Hari Pahlawan dan disiarkan secara Langsung di Youtube BPIP.

Dalam sambutannya, Kepala BPIP Yudian Wahyudi menyampaikan ucapan selamat kepada peserta pemenang Ikon Prestasi Pancasila. Yudian berharap agar peserta Ikon Prestasi 2021 yang terpilih dapat memberikan dampak yang baik kepada masyarakat.

“Saya berharap, 76 Ikon Prestasi Pancasila terpilih 2021 ini dapat memberikan dampak yang baik kepada masyarakat dan menjalankan tugasnya sebagai penggerak Pancasila dalam kehidupannya bermasyarakat. Sekali lagi saya ucapkan selamat,” harapnya.

Acara pemberian penghargaan tersebut dapat dilihat di