Sosialisasi Program Doktor Teknik Elektro dan Informatika: Lulusan S3 Sangat Dibutuhkan dalam Bidang Riset

 5,181 total views,  2 views today

Pada tanggal 29 Oktober 2021 lalu, telah diadakan program Sosialisasi Program Doktor Teknik Elektro dan Informatika STEI ITB. Bertindak sebagai pembicara adalah Dr. Ir. Umar Khayam, ST. MT. IPM., selaku ketua program studi Doktor Teknik Elektro dan Informatika.

Acara tersebut dilaksanakan secara daring melalui platform zoom. Acara ini dapat dihadiri oleh umum, dan peserta yang hadir merupakan calon mahasiswa program doktor teknik elektro dan informatika serta yang tertarik dengan program tersebut.

Peserta mendapatkan penjelasan rinci mengenai program doktor teknik elektro dan informatika, kesempatan riset yang ada serta kelompok-kelompok keahlian yang menaungi penelitian tersebut.

Program studi Dokter STEI memiliki tujuan untuk menjadikan lulusan peneliti profesional yang mandiri dalam bidang Teknik Elektro dan Informatika atau yang terkait; dapat melakukan inovasi produk/teknologi di tempat kerjanya bagi yang bekerja di sektor industri; serta dapat membimbing penelitian mahasiswa di semua jenjang pendidikan tinggi bagi yang memilih berkarier di akademik. Selain itu lulusan diharapkan memiliki kepemimpinan dalam kegiatan penelitian atau dalam karier profesi di bidang keilmuannya.

Bermula di tahun 1993 sebagai program studi doktor teknik elektro di Fakultas Teknik Industri, pada tahun 2006 Program studi ini bergabung dengan departemen informatika di bawah Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) ITB. Saat ini, program studi doktor teknik elektro dan informatika telah terakreditasi A oleh BAN-PT.

Ada sembilan area penelitian yang didukung oleh Program Studi Doktor Teknik Elektro dan Informatika, yaitu sembilan kelompok keahlian yang ada di STEI ITB:

  • Teknik Ketenagalistrikan
  • Teknik Telekomunikasi
  • Elektronika
  • Sistem Kendali dan Komputer
  • Teknik Komputer
  • Teknik Biomedika
  • Informatika
  • Teknologi Informasi
  • Rekayasa Perangkat Lunak dan Pengetahuan

Saat ini, terhitung ada 202 mahasiswa program doktor S3 di STEI ITB, didukung oleh 24 promotor dan co-promotor. Dengan fasilitas maupun sumber daya yang tersedia, penelitian dapat dilakukan dengan optimal.

Acara tersebut dapat ditonton di video berikut: