ICHVEPS 2021 Mengangkat Topik Terbaru dalam Bidang Rekayasa Tegangan Tinggi dan Sistem Tenaga

 335 total views,  32 views today

The 3rd International Conference on High Voltage Engineering and Power Systems 2021 (ICHVEPS 2021) adalah konferensi dua tahunan ketiga yang diselenggarakan oleh Sekolah Teknik Elektro dan Informatika, Institut Teknologi Bandung, Indonesia sebagai forum internasional untuk pertukaran ide, diskusi dan diseminasi hasil penelitian dan teknologi di bidang Rekayasa Tegangan Tinggi dan Sistem Tenaga Listrik.

ICHVEPS 2021 adalah konferensi dua tahunan yang diselenggarakan oleh Sekolah Teknik Elektro dan Informatika, dengan dukungan dari PT PLN (Persero), PT. Indonesia Comnet Plus, PT. LAPI dan secara teknis disponsori oleh IEEE Indonesia Section, Power and Energy Society Indonesia Chapter, dan Indonesia Inter-University Forum on High Voltage Engineering.

Konferensi ICHVEPS ini adalah gelaran ketiga sejak pertama diadakan. Sebelumnya, ICHVEPS diadakan secara offline; tahun 2017 dan 2019 lalu, ICHVEPS diadakan di Bali, Indonesia. Keadaan pandemi memaksa semua acara dilakukan secara daring demi menghindari penyebaran pandemi, tidak terkecuali ICHVEPS. Kali ini, ICHVEPS diadakan secara daring.

Meskipun begitu, konferensi yang diadakan secara daring memungkinkan pembicara hadir lengkap dari berbagai negara. Antusiasme peserta pun tidak berkurang sekali pun konferensi harus diadakan secara daring.

Acara ditandai dengan pembukaan dari Dr. Tutun Juhana selaku dekan Sekolah Teknik Elektro dan Informatika, kemudian pembukaan dari Prof. Suwarno selaku chairman dari konferensi ini. Dr. Prof. Suwarno berterima kasih kepada seluruh pihak yang membantu acara ini terlaksana, seluruh sponsor dan suporter. Beliau juga berharap konferensi ini memberikan manfaat bagi seluruh peserta. Walaupun saat ini dilaksanakan secara daring, semoga di konferensi mendatang, ICHVEPS bisa diadakan secara offline dan dapat bertemu muka langsung dengan sesama peserta.

Konferensi ini diadakan total selama dua hari, tanggal 5-6 Oktober 2021, secara daring menggunakan platform aplikasi Zoom. Sebanyak 127 paper dari 18 negara akan dipresentasikan dalam 3 plenary session dan 20 sesi paralel.

Ceramah undangan diberikan oleh 15 pembicara terkemuka seperti: Prof. Udaya Madawala dari Selandia Baru, Prof. Masayuki Hikita dari Jepang, Prof. Guan-Jun Zhang dari China, Prof. Abu Siada dari Australia, Prof. Eduard Mulyadi dari USA, Dr. MV Reddy dari Canada, Prof. Andrea Cavallini dari Italia, Prof. R. Sarathi dari India, Prof. Gilbert Teyssedre dari Perancis, Prof. Norasage Pattanadech dari Thailand, Prof. Pekik A. Dahono, Dr. Tumiran, Dr. Nanang Haryanto, Dr. Andreas, dan Prof. Suwarno dari Indonesia.