Penyambutan Mahasiswa Baru TA 2021/2022

 981 total views,  6 views today

Tahun Ajaran 2021/2022 akan segera dimulai, Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) menjadi salah satu agenda bagi seluruh perguruan tinggi di Indonesia termasuk Sekolah Teknik Elektro dan Informatika Institut Teknologi Bandung.

STEI ITB mengadakan agenda Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) pada tanggal 16 Agustus 2021 pukul 13.00. Agenda ini dihadiri oleh seluruh civitas akademika dari STEI ITB baik dari jajaran Dekanat, Kaprodi, Dosen, hingga perwakilan mahasiswa dari masing-masing jurusan jenjang S1. Peserta terdiri dari mahasiswa baru program sarjana, program pascasarjana, dan program profesi.

Dibuka dengan pemutaran video profil STEI ITB dilanjutkan dengan sambutan dari Dr. Tutun Juhana, ST., MT. Pada sambutan tersebut diawali dengan ucapan selamat kepada para mahasiswa baru karena telah menjadi mahasiswa ITB serta orang tua mereka yang berhasil mengantarkan putra-putrinya menjadi mahasiswa STEI ITB.

“Semoga kita bisa bertemu kembali di kampus ini secara offline di kampus ITB yang kita banggakan. Kami juga akan selalu mencoba memberikan yang terbaik bagi Anda dengan kondisi apapun.” Tutur Dr. Tutun Juhana dalam sambutannya.

Acara dilanjutkan dengan perkenalan lebih mendalam mengenai STEI ITB oleh Dr.techn. Saiful Akbar, ST., MT. selaku wakil dekan bidang akademik. Dalam pengenalan tersebut diberitahukan mengenai dekanat STEI ITB, program-program jurusan yang tersedia beserta akreditasinya, kelompok keilmuan, laboratorium, ketua program studi, kepala bagian dan kepala sub bagian, administrasi akademik, serta media sosial dari STEI ITB.

Setelah itu, diperlihatkan hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam kegiatan akademik khususnya pada saat perkuliahan secara daring, seperti peraturan akademik dan kemahasiswaan ITB, PEO, SO, Source Outcome, topik-topik perkuliahan, serta sumber-sumber pembelajaran yang tidak dibatasi. Mahasiswa juga akan mendapat akun office dan Gsuite masing-masing

Dr. Saiful Akbar memberikan perhatian khusus atau highlight pada Peraturan Akademik 2021. Setiap mahasiswa baru harus memperhatikan beberapa pasal di dalam peraturan tersebut, diantaranya adalah Pasal 40 mengenai IP, IPK, dan NR, Pasal 41-44 mengenai Penyelesaian Program Sarjana, Pasal 45-48 mengenai Predikat Kelulusan, dan Pasal 57 mengenai Batas Waktu Studi.

Bagi mahasiswa jenjang S1 tersedia program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan persyaratan:

  1. Memberi kesempatan s.d. maksimal 3 semester belajar di luar prodi/kampus;
  2. Jenis kegiatan yang tersedia: magang, membangun desa, proyek independent, dan lain sebagainya;
  3. Acuan implementasi MBKM di ITB diatur dari Peraturan Senak Akademik ITB No. 02/IT1.SA/PER/2020
  4. TPS/SEO dan CPL/Student Outcome program studi wajib tetap dipenuhi
  5. Keikutsertaan dalam program MBKM perlu persetujuan Kaprodi

Dr. Saiful Akbar juga menambahkan bahwa di ITB sendiri terdapat berbagai macam pendidikan karakter dan softskill sehingga mahasiswa selain bisa mengembangkan pengetahuan akademik juga bisa mengembangkan potensi lainnya yang terdapat dalam diri masing-masing mahasiswa. Selain itu, orang tua juga dapat melihat dan memantau bagaimana perkembangan putra-putrinya selama berkuliah di ITB.

Pengenalan Program Studi

Acara dilanjutkan dengan pengenalan dari setiap program studi yang terdapat di STEI ITB. Pada pengenalan tersebut seluruh program studi sarjana, pascasarjana, hingga profesi menjelaskan mengenai kurikulum, profil, lulusan, sejarah, hingga beberapa bentuk tugas akhir mahasiswa dari setiap program studi.

Pengenalan ini disampaikan oleh masing-masing ketua program studi sebagai berikut

  1. S1 Teknik Elektro oleh Dr. Muhammad Amin Sulthoni, ST., MT.
  2. S1 Teknik Informatika oleh Dessi Puji Lestari, ST., M.Eng., Ph.D.
  3. S1 Teknik Tenaga Listrik oleh Dr. Eng. Arwinda Rizqiawan, ST., MT.
  4. S1 Teknik Telekomunikasi oleh Dr. Effrina Yanti Hamid, ST, MT.
  5. S1 Sistem dan Teknologi Informasi oleh Yudistira Dwi Wardhana Asnar, ST., Ph.d.
  6. S1 Teknik Biomedis oleh Dr. Agung Wahyu Setiawan, ST., MT.
  7. S2 Teknik Elektro oleh Dr. Ir. Mervin Tangguar Hutabarat, ST., MT.
  8. S2 Informatika oleh Dr. Masayu Leylia Khodra, ST., MT.
  9. S3 Teknik Elektro dan Informatika oleh Dr. Umar Khayam, ST., MT.
  10. Program Profesi Insinyur oleh Burhanuddin Halimi, ST., MT., Ph.D.

Dalam acara tersebut, hadir juga para mahasiswa yang memberikan pesan dan kesan

Agenda pun akhirnya ditutup oleh pemutaran video seputar Ikatan Orang Tua Mahasiswa ITB (IOM ITB). IOM merupakan sebuah organisasi orang tua mahasiswa yang siap membantu kendala bagi setiap mahasiswa baik dalam hal finansial hingga bimbingan kehidupan berkuliah.

Terdapat juga beberapa video ucapan selamat dan profil singkat himpunan-himpunan yang ada di STEI ITB oleh masing-masing ketua himpunan.

  1. HME ITB (menaungi Teknik Elektro, Teknik Biomedis, dan Teknik Tenaga Listrik)
  2. IMT ITB (menaungi Teknik Telekomunikasi)
  3. HMIF ITB (menaungi Teknik Informatika, Sistem dan Teknologi Informasi)

Selama acara berlangsung, tidak henti-hentinya seluruh civitas akademika serta orang tua mengucapkan selama kepada mahasiswa baru.

(Artikel oleh Rio Prawira Octavieri, D4 Manajemen Produksi Media Universitas Padjadjaran)