Wujud Pengabdian Kepada Masyarakat dari STEI Melalui Pameran P3MI

Demi memenuhi target sebagai universitas penelitian kelas dunia, Institut Teknologi Bandung (ITB) terus menciptakan inovasi dan meningkatkan karya-karyanya dalam bidang teknologi, seni, sains, dan pengabdian masyarakat. Untuk mencapai itu semua, sejak 2007, ITB mencanangkan Program Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Inovasi ITB (P3MI-ITB).
Bertempat di Gedung CRCS, Kamis (12/12/2019), ITB melaksanakan Pameran Poster dan Produk P3MI. Pada acara tersebut, menampilkan berbagai macam produk hasil penelitian dan inovasi yang dikembangkan oleh berbagai Kelompok Keilmuan. Inovasi-inovasi dari sektor desain, bisnis, sains, dan engineering hadir untuk memenuhi tantangan zaman.
Dalam acara ini juga dilakukan peluncuran perangkat NIVA oleh Menristek yang didampingi oleh Rektor ITB dan Direksi SCNP.  NIVA atau Non Invasive Vascular Analyzer merupakan produk hasil kerjasama antara Kelompok Keahlian Teknik Biomedika Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) ITB dan PT. Selaras Citra Nusantara Perkasa (SCNP) yang diketuai oleh Prof. Dr. Ir. Tati Latifah Erawati Rajab sebagai ketua tim peneliti. Alat yang berfungsi sebagai pendeteksi dini penyakit kardiovaskular ini harapannya dapat memecahkan permasalahaan kesehatan dan membantu program BPJS Kesehatan.
Beberapa produk yang dipajang di stand milik STEI adalah Smart Edu, perangkat pintar untuk keperluan pendidikan; Teknologi Smart Card; Materi dan Alat Praktikum Screen Printing Manufaktur PCB untuk siswa SMK; serta VRTino, alat pendeteksi dini glaukoma untuk mata.
Selain berisi pameran produk dan inovasi, dalam acara ini juga diselenggarakan pemberian penghargaan bagi dosen-dosen berprestasi dalam bidang karya, pengabdian kepada masyarakat, kerjasama, dan inovasi. Harapannya, melalui penyerahan penghargaan ini dapat meningkatkan semangat bagi para dosen untuk terus berkarya dan berinovasi bagi Indonesia.