Tim STEI ITB raih Juara Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional 2012

Penyelenggaraan Kontes  Kapal Cepat Tak Berawak Nasional  2012 (KKCTBN 2012) atau (Roboboat 2012) merupakan salah satu upaya meningkatkan kualitas SDM yang mumpuni di bidang rancang bangun kapal melalui jalur akademis. Daya kreasi mahasiswa dalam lomba tersebut tidak hanya mencakup desain badan kapal yang baik, tetapi juga mencakup perencanaan sistem penggerak dan sistem navigasi yang handal. Kebutuhan tentang sistem navigasi tersebut mensyaratkan tentang kebutuhan otomasi, dengan memperhatikan  keselarasan faktor teknis lainnya (engine matching). Dengan demikian kreatifitas dalam lomba yang dimaksud akan melibatkan beberapa disiplin ilmu terkait, antara lain teknik mesin dan teknik elektronika.

KKCTBN 2012 terselenggara atas kerjasama Ditjen Dikti Kemdikbud dengan Universitas Diponegoro, dan tahun ini adalah kali ke-3 kontes ini diadakan. Kontes ini memiliki beberapa kategori yang dilombakan yaitu kategori satu atau autonomous (otomatis), kategori dua (remote control) dan kategori “fuel engine” atau kategori tiga. Tahun ini ITB mengirimkan perwakilannya melalui STEI ITB yang diwakili oleh tim Nautilus (Sambya Aryasa, Indera Aji, Ricky Saputra) dan tim Penisi (Adi Wiguna, Ridho Wastu Widyawan, Galih) untuk mengikuti kategori satu dan dua. Dua tim asuhan Bapak Dr. Widyawardhana Adiprawita ST., MT., tersebut, berhasil meraih juara 3 dan 2 di 2 kategori tersebut. “Mereka sangat hebat karena hanya dengan persiapan kurang lebih 1.5 bulan saja sudah bisa meraih gelar juara” ujarnya saat dihubungi via telepon tadi sore.

Pada kontes roboboat tersebut, diikuti 30 kontestan dari 17 universitas dan politkenik, sedangkan jumlah kontestan yang memasukkan proposal untuk mengikuti kontes roboboat sebanyak 77 kontestan, kemudian diseleksi hanya 30 kontestan yang lolos. Dari puluhan kontestan tersebut, untuk kategori satu terdapat 11 kontestan, kategori dua 11 kontestan dan kategori tiga delapan kontestas. Berikut adalah rincian daftar pemenang:
A. Kategori Autonomous

  1. Tim Roboboat penship dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS)
  2. Tim safinah.one dari UGM Yogyakarta
  3. Tim Penisi dari ITB

B. Kategori Remote Control

  1. Tim Roboboat Barunastra dari Institut Teknologi Sepuluh November
  2. Tim Roboboat Nautilus dari ITB
  3. Tim Roboboat Astrotia dari Institut Pertanian Bogor

C. Kategori fuel engine

  1. Tim Roboboat Krakatau 7.3 dari STIMIK Teknokrat Lampung
  2. Tim Roboboat Water Ice Boat Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  3. Tim Roboboat Lahadeng IX Universitas Hasanuddin

D. Untuk best design diraih oleh Tim Roboboat Makara-02 dari Universitas Indonesia

About the author

https://www.makaryo.net/pkv-games/ http://mlbcollegegwalior.org/img/pkv-games/