Juara First Solved Problem: Tim Dongskar Pedongi (ACM International Collegiate Programming Contest World Finals May 12-18, 2012 hosted by University of Warsaw, Polandia)

Institut Teknologi Bandung menyisihkan lebih dari 8000 team dari 2000 universitas di 88 negara di seluruh dunia untuk menjadi salah satu dari 112 finalis yang hadir di ACM-ICPC World Finals ke 36 yang diselenggarakan pada tanggal 14 – 18 Mei 2012 di Warsawa, Polandia.

Dari 112 tim yang berlaga, 4 tim dengan nilai tertinggi mendapatkan medali emas, peringkat 5-8 mendapatkan medali perak, sedangkan peringkat 9-12 mendapatkan medali perunggu. Untuk tim dengan nilai terbaik juga akan diberikan penghargaan sebagai juara dunia ACM-ICPC 2012.

Selain penghargaan untuk tim dengan nilai tertinggi, terdapat pula penghargaan khusus untuk peserta yang mampu menyelesaikan persoalan tertentu dengan waktu tercepat. Terdapat masing-masing satu buah penghargaan khusus untuk setiap soal yang diberikan.

Babak final berlangsung pada tanggal 17 Mei 2012. Pada babak final ini peserta diberikan 12 soal dengan tingkat kesulitan yang bervariasi (Soal A – L). Sistem penilaian menggunakan jumlah soal yang terselesaikan (masing-masing 1 poin) dikombinasikan dengan total waktu pengerjaan.

Setelah melalui perjuangan selama 5 jam dalam lomba, Tim ITB meraih prestasi sebagai penyelesai pertama untuk Problem I, salah satu soal tersulit dari 12 soal yang diberikan dengan waktu 88 menit. Hal ini cukup membanggakan, karena dari 112 tim yang berkompetisi, hanya 11 tim yang mampu menyelesaikan soal tersebut.

Secara keseluruhan, Tim ITB menempati peringkat peringkat 36 (bersama) dari 112 peserta dari 85 negara yang ikut berkompetisi pada ajang ACM-ICPC World Finals ini.

Tim Dongskar Pedongi mampu menyelesaikan 4 dari 12 soal yang dilombakan, dimana peringkat pertama (Saint Petersburg University dari Rusia) berhasil menyelesaikan 9 soal.

Hasil lomba secara lengkap dapat diakses melalui halaman web resmi dari ACM-ICPC, yaitu http://icpc.baylor.edu/ICPCWiki/Wiki.jsp?page=Results%20World%20Finals%202012

Mengingat bahwa ini adalah kali pertama tim Dongskar Pedongi masuk ke dalam ACM-ICPC World Finals, hasil tersebut sudah cukup baik. Kami sangat mengharapkan bahwa di tahun berikutnya tim ini akan dapat mencapai hasil yang lebih baik lagi.