ITPreneurship: Perjalanan Startup dimulai dari sini

ITPreneurship ini ditujukan untuk kalangan entrepreneur muda bidang teknologi informasi (IT) di Bandung, dan seminar ini merupakan acara pertama dari rangkaian acara Asian ITPreneur Talk yang akan dilakukan di berbagai negara lain di wilayah Asia Tenggara. Technopreneur talk (tech talk) ini terselenggara atas kerjasama Batavia Incubator dan Program Studi Teknik Informatika STEI ITB dan diadakan di Aula Barat, ITB pada Sabtu, 12 Mei 2012 lalu. Bandung, bisa disebut sebagai “startup city” di kawasan Asia Tenggara, terlihat dari antusiasme peserta yang tak kurang dari 200 orang memenuhi tempat acara berlangsung. Tech Talk adalah seminar startup oleh dan untuk kawasan Asia Tenggara.

Lichi Wu pembicara dari Singapura, berbagi pengalaman tentang “kegagalan” dari Google, Admob, Chalkboard, salah satu startup terkenal di Singapura. (Baru-baru ini websitenya ditutup). Pembicara berikutnya adalah Karaniya Dharmasaputri, dia adalah pendiri sekaligus CEO dari Vivanews.com, yaitu perusahaan IPO pertama yang berkaitan dengan industri internet. Dia menjelaskan tentang motivasi dia dalam berbisnis adalah berawal dari “kemarahan” karena media berita di internet dianggap sebagai “media sampah”, penuh kebohongan dan informasinya kurang penting. Dia meninggalkan posisinya disalah satu media terkemuka, Tempo dan bergabung dengan beberapa rekannya untuk merubah paradigma masyarakat pada media berita internet.

Di sesi berikutnya, ada Willis Wee, CEO Tech in Asia, salah satu startup media terbesar di Asia, dan Rama mamuaya, CEO Daily Social, salah satu media tech yang terkenal di Indonesia. Jiwa wirausaha Willis tumbuh karena keadaan yang kurang mampu ketika masih kecil dulu. Dia berbagi tentang perjalanannya dari awal sampai ia menemukan Tech in Asia pada usianya yang ke 24 tahun. Berikutnya tampil Rama, pria yangterkenal di kalangan startup dikota ini, memberikan wawasan mengenai startup di negeri ini dengan gaya yang unik dan penuh humor. Terakhir, Takeshi Ebihara, pendiri dari Batavia Incubator memberikan wawasan mengenai startup di kawasan Asia Tenggara dan tentang Apa dan Bagimana Memulai Startup yang Sebenarnya.