Teknologi Robotika Sebagai Salah Satu Persiapan Menghadapi Tantangan Zaman

Program Studi Teknik Elektro STEI ITB, bekerja sama dengan Unit Kegiatan Mahasiswa Robotika (Unit Robotika) Sabtu, 10 Maret 2012 yang lalu telah menyelenggarakan seminar mengenai Teknologi Robotika. Seminar ini dilaksanakan sebagai bagian dari kegiatan perkuliahan Pengembangan Keprofesian / Komunitas (EL4093, 4193 dan 4293) dimana mahasiswa yang mengambil mata kuliah tersebut wajib melaporkan hasil kegiatannya dalam suatu seminar terbuka. Tujuan lainnya adalah sebagai bentuk tanggung jawab tim robotika ITB yang telah bertanding pada kompetisi robot KRI KRCI KRSI tahun 2011, dimana semua tim wajib untuk melaporkan hasil kegiatannya terhadap masyarakat ITB. Selain itu, pelaksanaan seminar ini dimanfaatkan sebagai sosialisasi terhadap masyarakat mengenai teknologi robotika, perkembangan masa depan, prospek riset yang dapat dilakukan di kampus, serta kegiatan lomba robotika khususnya KRI KRCI dan KRSI.  Dengan melihat banyak tujuan tersebut, maka seminar ini mengangkat tema “Teknologi Robotika Sebagai Salah Satu Persiapan Menghadapi Tantangan Zaman”.

Acara yang belangsung dari pagi hingga siang ini, diawali dengan pembukaan oleh Ketua Program Studi Teknik Elektro STEI ITB, Dr. Ir. Arief Syaichu Rohman, yang dilanjutkan dengan pemberian piagam penghargaan bagi mahasiswa yang telah mewakili STEI pada ajang KRI KRCI dan KRSI 2011. Kemudian acara diisi dengan pemaparan dari beberapa pembicara yang hadir yaitu pada sesi pertama, Dr. Widyawardana memaparkan tentang teknologi robotika masa kini dan prospek ke depannya. Untuk memberikan wawasan bagi peserta tentang apa itu robot, perkembangan teknologi, hingga prospek penelitian bidang robotika khususnya yang dapat dilakukan di lingkungan ITB. Pembicara berikutnya Ir. Indrawanto, Ph.D adalah salah satu anggota dewan juri nasional KRI KRCI dan KRSI. Beliau memberikan penjelasan tentang kegiatan kontes tersebut, meliputi maksud dan tujuan kegiatan, kategori pertandingan dan aturan-aturan pertandingan pada setiap kategori (KRI, KRCI berkaki, KRCI beroda, KRCI Humanoid Soccer, KRSI).

Sesi ketiga diisi oleh pemaparan oleh masing-masing tim tobot yang bertanding pada setiap kategori di KRI KRCI KRSI tahun 2011 di UGM Yogyakarta, mereka memaparkan pengalaman dan strategi-strategi yang telah dilakukan pada pertandingan sebelumnya. “Diharapkan seminar ini akan menjadi kegiatan rutin program studi Teknik Elektro.  Selain sebagai wadah kuliah Pengembangan Keprofesian / Komunitas, juga sebagai bentuk tanggung jawab setiap mahasiswa yang sudah melakukan kegiatan mewakili ITB pada berbagai ajang lomba, olimpiade, kompetisi, ataupun kegiatan lain, untuk mendiseminasikannya pada masyarakat kampus ITB”, jelas Dr. Kusprasapta Mutijarsa sebagai Pembina Tim Robotika STEI ITB.

Seminar yang dihadiri oleh hampir 100 orang peserta yang berasal dari ITB maupun dari luar ITB ini diakhiri dengan peluncuran dan perkenalan anggota tim robot ITB yang akan bertanding pada kompetisi KRI KRCI KRSI 2012 pada tanggal 25-27 Mei 2012. Selamat Berjuang untuk Tim yang akan berlomba.

About the author

https://www.makaryo.net/pkv-games/ http://mlbcollegegwalior.org/img/pkv-games/