Kuliah Umum “Digital TV on Mobile”

Bertempat di ruang multimedia STEI ITB, tanggal 14 Februari 2011, telah dilakukan kuliah umum dengan tema “Digital TV on Mobile”. Sebagai pembicara utama adalah Prof. Okada Minoru, dari Nara Institute of Science and Technology (NAIST), Jepang. Kuliah yang dihadiri sekitar 90 mahasiswa ini, berlangsung dari pukul 09.00 – 12.00.

Prof. Okada Minoru yang tergabung dalam laboratorium komunikasi pada NAIST, menjelaskan tentang perkembangan TV. Perkembangan TV dimulai dari tahun 1884 dengan adanya analog TV, dan dilanjutkan dengan pengembangan pada 1925. Dan pertama kali dipancarkan pada tahun 1928 di New York dan juga merupakan tahun pertama munculnya tv berwarna.

Perkermbangan TV digital dimulai pada tahun 2003. TV digital adalah transmisi audio dan video dengan sinyal digital, berbeda dengan sinyal analog yang digunakan oleh TV analog. Negara-negara seperti Amerika Serikat mengganti siaran televisi over-the-air analog dengan televisi digital untuk memungkinkan penggunaan lain dari spektrum radio yang sebelumnya digunakan untuk siaran TV analog.

Baru pada tahun 2006 mulai dikenal adanya mobile DTV. Sekarang ini kebanyakan dari kita memiliki TV digital dengan layar besar, dan saatnya untuk beralih Mobile TV digital. Mobile TV digital sangat praktis dan mudah dibawa kemana-mana.

Beliau menjelaskan bahwa ada beberapa technologi yang mendukung DTV, diantaranya:
1. Video encoding -> berfungsi meng-compress image (gambar) dan dapat ditransmisikan pada low bitrate
2. Errorcorrection coding
3. Wireless transmission.